Inilah Kisah Haru Ngatimun, Pria Cacat Mental Yang Kuburkan Sendiri Jenazah Ibunya

Funabiz.com - Kasih ibu sepanjang masa kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Datang cerita mengharukan dari tanah minang dimana seorang anak menguburkan jenazah ibundanya sendiri. Yang membuat haru, si anak yang diketahui bernama Ngatimun (45) memiliki keterbelakangan mental.

Warga Dusun Padang Malintang, Kecamatam Barangin, Kota Sawahlunto ini memutuskan untuk mengubur jenazah Ibundanya, Yatemi (85) lantaran tidak ingin merepotkan orang lain. Yang lebih mengharukan lagi, Ngatimun bermaksud mendirikan tenda di atas makam ibundanya agar tidak kehujanan.


"Di lokasi tersebut (kuburan) juga ditemukan tali dan tenda, berdasarkan pengakuan yang bersangkutan dia akan membuat atap agar kuburan ibunya tidak kehujanan karena kasihan dengan sang ibu," ujar Kasat Intel dan Keamanan Polres setempat AKP Zamzami, Senin (14/12).

Dia mengatakan, diduga kondisi Ngatimun yang mengalami keterbelakangan mental menyebabkan dia sepertinya tidak mengetahui kalau ibunya sudah meninggal dunia saat dia mengunjungi almarhumah, Jumat (11/12).

Baca Juga : Gara-gara Selfie Sambil Bersepeda, Wanita Ini Dijemput Maut Seketika... Ini Penyebabnya

Hal itu jelasnya, didasari atas pengakuannya yang sempat mengunjungi ibunya untuk mengantar makanan, namun saat itu dia menduga ibunya tersebut sedang tidur dan dia pun meninggalkan Yatemi.

"Pada Minggu pagi (13/12) ia pun kembali mendatangi ibunya dan melihat di tubuh jasad almarhum sudah berulat, ia pun akhirnya menguburkan sendiri jasad ibunya itu pada sore harinya," kata dia.

Meski menderita keterbelakangan mental, Ngatimun dikenal warga Dusun Padang Malintang, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, sebagai anak yang berbakti kepada orangtua.

Rebo (51), warga setempat menuturkan bahwa meskipun Ngatimun merupakan pria dengan keterbelakangan mental, namun dia sangat menyayangi ibunya.

Sementara itu, terungkapnya peristiwa tersebut berawal dari pengakuan Ngatimun yang memberitahukan pada istrinya, bahwa dia baru saja menguburkan jasad Yatemi di dekat rumah ibu kandungnya itu.

"Mendengar pengakuan suaminya itu, istrinya sempat terkejut dan langsung memberitahukan kepada Kepala Dusun setempat, setelah menerima laporan dari warga saya pun kemudian segera melaporkan kejadian itu kepada Polres Kota Sawahlunto," kata Kepala Desa Santur Suhardi di Sawahlunto, Senin (14/12). Demikian tulis Antara.

Menurutnya, petugas pun segera mendatangi lokasi kejadian dan atas persetujuan keluarga, maka diputuskan untuk membongkar lokasi yang diduga tempat jenazah Yatemi dikuburkan untuk dilakukan proses autopsi.

Baca Juga : Heboh!! Wanita Ini Desak Suaminya Lamar Temanya Untuk Jadi Istri Ke-2... Alasanya Bikin Terharu

Saat itu lanjutnya, dia melihat jasad Yatemi sudah membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap, karena lubang penggalian yang dangkal maka diduga bau yang tercium oleh masyarakat setempat itu, memang bersumber dari makam yang digali tersebut.

Saat ini, polisi sudah mengembalikan jenazah Yatemi ke pihak keluarga untuk dimakamkan secara laik setelah diautopsi petugas. (Merdeka)

Subscribe to receive free email updates: